Acupuncture for Pregnancy / Akupunktur untuk Kehamilan /

Akupunktur Jepang yang halus dan minim sakit bisa dilakukan untuk membantu kesehatan ibu dan janin mulai dari trimester pertama, jelang melahirkan, hingga masa menyusui. Berikut program akupunktur untuk kehamilan yang diberikan oleh dr. Yudhi Gejali:

 

a. HPA - Healthy Pregnancy Acupuncture : 1x / bulan

HPA adalah prosedur standar yang dilakukan untuk mendukung kelancaran kehamilan, dan bisa dimulai dari trimester pertama hingga usia janin 36 minggu. HPA dapat membantu ibu dalam menerima perubahan yang terjadi pada tubuhnya, dan mengurangi gejala yang umum terjadi saat kehamilan seperti kelelahan, mual, stres, dan lainnya. Selain itu, HPA juga baik untuk mendukung perkembangan janin. 

b. HB - Happy Baby and Hold The Baby Acupuncture : 2x (minggu terakhir pada trimester ke-1 dan ke-2)

Prosedur HB dapat membantu menguatkan hubungan antara ibu dan janin, juga mencegah keguguran. Jika terdapat resiko keguguran yang lebih tinggi dari biasanya, teknik akupunktur lain juga akan dilakukan.

c. PBA (Pre Birth Acupuncture): 1x / minggu

PBA adalah prosedur yang dilakukan untuk mempersiapkan ibu dan janin supaya proses melahirkan nantinya lancar dan aman. Prosedur ini dimulai dari minggu ke-37, hingga minggu ke-40. Jika ternyata proses melahirkan belum mulai di minggu ke-40, akan dilakukan prosedur Labor Initiation and Induction (LILI).

d. Post Partum Recovery and Breastfeeding Support

Prosedur ini dilakukan untuk membantu ibu saat proses pemulihan setelah melahirkan dan mendukung masa menyusui. Ibu yang sehat akan dapat merawat bayinya dengan lebih baik.

e. Other Protocols

Terapi akupunktur juga dapat dilakukan untuk membantu mengatasi berbagai kondisi yang mungkin terjadi saat kehamilan seperti intrauterine growth restriction (IUGR), placenta previa, sakit punggung, hipertensi karena kehamilan, posisi bayi melintang, pendarahan, baby blues, dan lainnya.

 

dr. Yudhi Gejali juga dapat bekerja sama dengan dokter kandungan, bidan, atau doula anda.

Untuk informasi mengenai Acupuncture for Fertility / Akupunktur untuk Fertilitas, baca di sini

Pregnant Belly